Alvyanto Evolusi Galaxy S, Android yang Mengkudeta Tahta iPhone 0


Maren lagi rame isu kudeta eh nemu info tentang Seri Galaxy S yang menjadi smartphone andalan Samsung. Kehadiran generasi pertama seri ini mengukuhkan nama mereka sebagai produsen ponsel Android nomor wahid. Seri selanjutnya yaitu Galaxy SII langsung membuat head to head antara produk samsung tersebut dengan iphone hasil kreasi Apple.inc. Malah, seri Galaxy S III sempat mengkudeta tahta iPhone sebagai ponsel terlaris pada tahun 2012. Kini, generasi keempatnya yang disebut Galaxy S4 sudah hadir dengan berbagai macam fitur terkini. Butuh waktu cukup lama bagi Samsung sampai akhirnya mampu menjadi produsen Android yang disegani dengan seri Galaxy S tersebut. Seperti apa evolusi ponsel flagship ini? Simak berikut ini.

  • Maret 2010, Samsung mengumumkan kehadiran Galaxy S. Samsung melakukan upaya keras agar ponsel ini menggapai sukses, dengan membekalinya bermacam teknologi terkini pada zamannya saat itu. Galaxy S memakai dapur pacu prosesor Exynos 3SoC dengan clock speed 1GHz. Dengan tebal hanya 9,9 mm, Galaxy S menjadi smartphone tertipis pada masanya. Layarnya yang seluas 4 inch beresolusi 800 x 400 dengan teknologi Super Amoled. Spesifikasi lainnya seperti kamera 5 megapixel dan sistem operasi Android 2.1 Eclair yang bisa diupgrade. Galaxy S sukses terjual sampai 10 juta unit sampai Januari 2011. Dan handset ini memenangkan beragam penghargaan. European Imaging and Sound Association (EISA) menganugerahinya Smartphone of The Year. Sedangkan majalah TIME menyebutnya gadget terbaik kedua tahun 2010. Namun Galaxy S jugalah yang membuat Samsung digugat habis oleh Apple yang terus berlanjut sampai sekarang. Pasalnya, desain Galaxy S dianggap sebagai penjiplakan iPhone.

 
  • Lumayan sukses dengan Galaxy S, Samsung merilis suksesornya Galaxy S II pada Mei 2011 di Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona. Kombinasi hardware powerful dan desain lumayan memikat membuatnya kembali sukses besar. Galaxy S II dibekali prosesor 1,2 GHZ dual core Exynos dan RAM 1GB. Dengan tebal hanya 8,49 mm, handset ini lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Kameranya yang beresolusi 8 megapixel mampu menjepret foto sangat baik pada masanya. Dan layar Super Amoled resolusi 480 x 800 pixel banyak dipuji dalam berbaga review. Mayoritas pengamat teknologi memuji kemampuan Galaxy S II. "Smartphone terbaik saat ini," tulis situs teknologi Engadget. Dan ia merebut gelar Smartphone of The Year versi GSMA Association. Januari 2013, total sebanyak 40 juta unit Galaxy S II dilaporkan sudah terjual. Membuatnya sebagai salah satu produk teknologi terlaris sepanjang masa.

  • Galaxy S dan Galaxy S II mencapai sukes besar. Namun Galaxy S III ternyata mampu melampaui kesuksesan dua pendahulunya itu. Galaxy S III sudah ramai diperbincangkan jauh sebelum kemunculannya secara resmi. Sampai akhirnya, Samsung merilis handset ini pada Mei 2012 di London. Dengan prosesor quad core dan RAM 1GB, S III punya performa powerful. Desainnya pada awalnya banyak dikritik karena cukup aneh, toh akhirnya banyak orang yang menyukainya. Galaxy S III sangat laris dan telah membukukan penjualan di atas 50 juta unit. Mengukuhkan status Samsung sebagai produsen smartphone terbesar di dunia. Pada akhir tahun lalu, S III bahkan sempat menyalip posisi iPhone 4S sebagai smartphone terlaris dunia berdasarkan penelitian dari Strategy Analytics. S III juga dinobatkan menjadi Smartphone of The Year versi GSM Association. Sama seperti pendahulunya, Galaxy S II.
 

  • Pada sebuah event meriah di New York pertengahan Maret lalu, Samsung memperkenalkan Galaxy S4, seri keempat dalam keluarga Galaxy. Beban berat pun diemban S4 untuk meneruskan sukses pendahulunya. Dari sisi desain, mungkin S4 cukup banyak dikritik. Bentuknya tidak jauh berbeda dari S III dan tetap saja memakai material plastik. Namun dari sisi jeroan dan fitur-fitur software, S4 menjanjikan banyak hal. Handset ini dirilis dalam dua versi prosesor Exynos Octa Core dan Quad Core dari Qualcomm. Fitur softwarenya pun berlimpah. Seperti Air Gesture di mana operasional ponsel bisa dilakukan tanpa menyentuh atau Eye Scrooling untuk mengakses halaman web cukup dengan gerakan wajah. S4 akan segera dipasarkan mulai April mendatang. Apakah ia mampu meneruskan kejayaan seri Galaxy S di tengah persaingan yang kian memanas? Kita tunggu saja.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Evolusi Galaxy S, Android yang Mengkudeta Tahta iPhone”

Post a Comment

Real Count Capres 2014, manakah tokoh yang anda anggap pantas memimpin indonesia di tahun 2014 mendatang !

CLOCK

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Postingan Terbaru

MAP

JUMLAH PENGUNJUNG

TMobile Cell Phone

TOTAL PAGE VIEW

free counters
widgeo.net

widget

POPULAR POSTS

Enter your email address:

Follow This Blog

KOMENTAR TERBARU