Alvyanto SISTEM ENDOKRIN MANUSIA 15





 
Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ-organ lain. Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh, yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah, kelenjar keringat, dan kelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin.
Kelenjar endokrin (endocrineglarul) terdiri dari (1) kelenjar hipofise atau pituitari (hypophysisor pituitary glanrl) yang terletak di dalam rongga kepala dekat dasar otak; (2) kelenjar tiroid (thyroid glanrl) atau kelenjar gondok yang terletak di leher bagian depan; (3) kelenjar paratiroid (parathyroidglanrl) dekat kelenjar tiroid; (4) kelenjar suprarenal (suprarenalglanrl) yang terletak di kutub atas ginjal kiri-kanan; (5) pulau Langerhans (islets of langerhans) di dalam jaringan kelenjar pankreas; (6) kelenjar kelamin (gonarl)laki di testis dan indung telur pada wanita. Placenta dapat juga dikategorikan sebagai kelenjar endokrin karena menghasilkan hormon.
Kelenjar hipofise berukuran tidak lebih besar dari kacang tanah terletak terlindung di dasar tengkorak. Kelenjar ini terbagi atas 2 bagian, bagian depan dan bagian belakang. Bagian belakang merupakan kelanjutan dari hiPotalamus (bagian dari otak). Kelenjar ini menghasilkan hormon pertumbuhan (growth hormone), hormon perangsang tiroid (TSH), perangsang gonad (FSH), dan lain-lain. Hormon pertumbuhan banyak dihasilkan selama masa pertumbuhan, tetapi menurun setelah manusia mencapai usia dewasa. Jika hormon itu dihasilkan dalam jumlah berlebih selama masa pertumbuhan, akan didapatkan anak menjadi sangat tinggi.
Kelenjar tiroid atau kelenjar gondok berbentuk mirip kupu-kupu yang menempel di bagian depan batang tenggorok (trachea). Kelenjar ini ikut naik turun pada waktu menelan. Pembesaran kelenjar tiroid disebut goiter atau struma. Pembesaran ini dapat disebabkan oleh kebanyakan produksi hormone atau karena kekurangan iodium hingga produksi hormon berkurang, dan pada kasus lain karena tumor. Produksi hormon yang berlebihan dapat menyebabkan gejala jantung berdebar, yang bila berlarut-Iarut akan melemahkan jantung, banyak keringat dan berat badan turun, serta mata menonjol seperti ikan koki. Pembesaran tiroid yang aktif disebut hot nodule dan yang tidak aktif disebut cold nodule.
Kelenjar paratiroid menghasilkan parathormon yang turut mengatur kadar calcium darah. Kelenjar ini berukuran sebesar beras, beIjumlah 4, terletak di sudut-sudut kelenjar tiroid, karena itu kadang-kadang ikut terpotong pada operasi tiroid. Jika itu terjadi, bagi yang bersangkutan tidak terlalu menjadi masalah jika masih ada 1-2 kelenjar yang tertinggal. Tanpa kelenjar ini yang bersangkutan akan mengalami kejang otot karena gangguan kadar calcium darah.
Kelenjar suprarenal, bagian pinggir (cortex) dan tengah (medulla). Bagian cortexmenghasilkan hormon pengatur keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh (adrenocorticotrophichormone, ACTH) dan vital untuk kehidupan. Bagian medulla menghasilkan adrenalin dan juga merupakan bagian dari sistem simpatis. Kelenjar suprarenal juga menghasilkan sex-hormone dalarn jumlah sedikit.
Kelenjar pancreas melalui pulau-pulau langerhans yang tersebar di dalamnya menghasilkan honnon insulin dan glucagon. Kedua hormon ini mengatur kadar dan penggunaan glukosa dalarn darah. Gangguan produksi honnon insulin mengakibatkan terjadinya penyakit diabetes mellitus.


Komentar :

ada 15 komentar ke “SISTEM ENDOKRIN MANUSIA”
Eric said...
pada tanggal 

Hi, ur blog is really nice and informative, i truly like it. I just wanna suggest that u should go for blog advertising & marketing there is a website which is offering very unique features at affordable prices. There are Expert advertising teams who will promote ur blog & affiliate ads through all over the networks. All u have to do is submit your blog plus pay affordable prices and rest leave it to Advertising Team for Promotion & Marketing then see how u enjoy a lots of quality traffic plus good readers to ur blog. Finally I have bookmarked ur blog & also shared with my friends hope u have a wonderful day & !!happy blogging!!.

Terima kasih Eric atas komentarnya!
Formaliumm said...
pada tanggal 

kunjungilah blog http://formaliumm.blogspot.com/.
dan lanjutkan menulis artikel dengan tema-tema yang lain.

Terima kasih Formaliumm atas komentarnya!
Psychosocial said...
pada tanggal 

wew, mumet nih bacanya... jadi kayak baca buku pelajarana aja... haha...

thx ya udah mampir, blog mu udah ku follow, follow balik ya..

Terima kasih Psychosocial atas komentarnya!
EKA SAPRI ALVYANTO said...
pada tanggal 

matama...
quw udah follow kok...
di cek ya,,,he...

Terima kasih EKA SAPRI ALVYANTO atas komentarnya!
bekti_indras said...
pada tanggal 

thx yaa.. :D

Terima kasih bekti_indras atas komentarnya!
EKA SAPRI ALVYANTO said...
pada tanggal 

ok

Terima kasih EKA SAPRI ALVYANTO atas komentarnya!
Fernantha'S said...
pada tanggal 

mantap nih gan, sy bisa belajar dari sini :D follow back blog sy dong
di ericfernantha09blogspot.com maaf, masi belajar jadi masi ancur n kosong smua :D

Terima kasih Fernantha'S atas komentarnya!
EKA SAPRI ALVYANTO said...
pada tanggal 

@Fernantha'S ok gan thank's...

Terima kasih EKA SAPRI ALVYANTO atas komentarnya!
Ap-DBK said...
pada tanggal 

Mampir baca and follow juga gan. . . Jangan lupa mampir and follback blog ane juga ya gan... http://aianpramadhan.blogspot.com/

Terima kasih Ap-DBK atas komentarnya!
eka sapri alvyanto said...
pada tanggal 

@Ap-DBK

udah di follow back

Terima kasih eka sapri alvyanto atas komentarnya!
Maz Bhroow said...
pada tanggal 

Bagus bgt nich, bsa bntu sya dlm mghdapi ulgan bsok. . .thx ya,

Terima kasih Maz Bhroow atas komentarnya!
eka sapri alvyanto said...
pada tanggal 

@Maz Bhroow


sama2 thank's udah berkunjung...

Terima kasih eka sapri alvyanto atas komentarnya!
Yuyang Rembulan Wiryadisastra said...
pada tanggal 

Good banget dehh :D
Thanks yahh . Semoga bisa posting pengetahuan yg lebih lengkap lagi ..:)

Terima kasih Yuyang Rembulan Wiryadisastra atas komentarnya!
smoothylovas said...
pada tanggal 

makasih ya. sangat bermanfaat. tetap berkarya!

Terima kasih smoothylovas atas komentarnya!
Eka Sapri Alvyanto said...
pada tanggal 

@Yuyang Rembulan Wiryadisastra @smoothylovas sama2, terima kasih juga sudah berkunjung dan komentar yang membangun, semoga artikel2nya dapat membantu...

Terima kasih Eka Sapri Alvyanto atas komentarnya!

Post a Comment

Real Count Capres 2014, manakah tokoh yang anda anggap pantas memimpin indonesia di tahun 2014 mendatang !

CLOCK

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Postingan Terbaru

MAP

JUMLAH PENGUNJUNG

TMobile Cell Phone

TOTAL PAGE VIEW

free counters
widgeo.net

widget

POPULAR POSTS

Enter your email address:

Follow This Blog

KOMENTAR TERBARU